26/03/16



Saat ini Pendidikan Bahasa Inggeri memegang peran penting dan strategis dalam kehidupan masyarakat global. Bahasa Inggris kini telah diakui publik sebagai bahasa Internasional yang telah berdomisili di berbagai bidang industri yang ada. Baik itu bidang politik, ekonomi, atau pun seni dan budaya. Bahasa Inggris telah menginvasi semua sektor dan mendominasi pop culture society, bahkan mayoritas isi konten dari World Wide Web (www) tertulis dalam bahasa Inggris.

Dengan demikian, perlu disadari pentingnya pendidikan bahasa Inggris bagi kita, masyarakat Indonesia, untuk bekal masa depan dan karir yang akan atau pun sedang dijalani. Kini, persaingan global di Indonesia semakin ketat adanya. Dengan dipekerjakannya tenaga-tenaga kerja asing, penduduk kita harus berusaha lebih giat lagi agar dapat berkompetisi dengan para expat tersebut. Kemudian, perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia semakin bertambah banyak, dan tentunya mereka membuka kesempatan bekerja pula di perusahaan mereka, khususnya kepada masyarakat yang bisa berbahasa Inggris.

Kita sudah memasuki tahun 2016. Indonesia akan BERUBAH TOTAL, Kita menjadi satu kesatuan. Pasar bersama yang namanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), artinya semua orang dari negara-negara ASEAN bebas masuk dan berbisnis di area kita.
MEA secara ringkas berisi lima hal, yaitu diberlakukannya arus bebas antar sesama negara di ASEAN, meliputi :
1. Arus bebas Barang
2. Arus bebas Jasa
3. Arus bebas Tenaga Kerja Terampil
4. Arus bebas Modal
5. Arus bebas Investasi
Untuk kelima hal tersebut, kita punya kesempatan yang sama. Apakah kita akan menyerbu negara Asean lain dengan Barang, Jasa, Tenaga Kerja Trampil, Modal dan Investasi, atau sebaliknya justru kita yang akan diserbu?
Maka, Bahasa Inggeris menjadi sangat URGEN dalam menghadapi M.E.A.
Dalam perspektif yang lebih ringan, kita dapat melihat perkembangan peran bahasa Inggris dalam pop culture society anak muda Indonesia. Industri musik, media cetak dan siaran, serta industri hiburan kini sudah mulai banyak diisi oleh konten berbahasa Inggris. Saat kita membuka majalah, atau menyalakan TV, teks berbahasa Inggris tercetak di beberapa halaman majalah atau di subtitle film yang kita tonton. Film yang masuk cinema, mayoritas merupakan film luar berbahasa Inggris, walau sudah banyak juga film produksi anak bangsa yang ditayangkan di bioskop.
Industri pendidikan pun menyadari pentingnya peran bahasa Inggris di Indonesia. Sekolahan Internasional mulai banyak kita dapati di setiap pelosok area Jakarta, dan di beberapa kota besar lainnya. Kurikulum bahasa Inggris di sekolahan nasional juga telah dikembangkan dan/atau diperbaharui tiap tahunnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terkini. Kursus bahasa Inggris dari berbagai dunia, atau pun milik lokal banyak dijumpai di setiap kota. Dengan ragam harga kursus yang berbeda, belajar bahasa Inggris tersedia untuk setiap kalangan publik.
Tidak dapat dipungkiri peran bahasa Inggris, khususnya di negara-negara Asia akan terus berkembang dengan seiring waktu. Dan begitu pula di Indonesia, bahasa Inggris akan tetap memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari kita.
Sehubungan dengan kemajuan dan perkembangan tersebut, maka Kami telah merilis sebuah web blog dialamat : semangatbahasainggeris.blogspot.co.id dengan tema sentral “ENGLISH SPIRIT” yang merupakan blog “Semangat Bahasa Inggeris”. Web Blog ini berisi berbagai macam konten artikel, karya, inovasi Pendidikan secara Umum, baik menyangkut Pendidikan Anak Usia Dini, Guru, Sekolah dan madrasah semua jenjang dan pada bagian tertentu difokuskan pada Pendidikan Bahasa Inggeris.
Selamat dan Sukses : ENGLISH SPIRIT ( Semangat Bahasa Inggeris )
Kunjungi SELALU dan dapatkan informasi di web blog Kami :
dan Halaman Facebook : Semangat Bahasa Inggeris
Muhammad Rizqy Afdhali

Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter

Recent Posts

Text Widget